Bagaimana rute perjalanan bangsa Spanyol ke Indonesia?

Bagaimana rute perjalanan bangsa Spanyol ke Indonesia?

Pada 1519, Spanyol memberangkatkan ekspedisi yang terdiri dari lima kapal di bawah pimpinan Fernando de Magelhaens atau Ferdinan Magellan. Rute pelayarannya adalah Spanyol – Samudera Atlantik – pantai timur Benua Amerika – selat di ujung selatan Benua Amerika – Samudera Pasifik – Filipina.

Bagaimana rute dari perjalanan bangsa Portugis ke Indonesia?

Jalur yang dilalui Portugis dalam perjalanannya, yaitu: Pantai barat Afrika (Bartholomeus Diaz) – Tanjung Harapan – Pelabuhan Malinda (Vasco Da Gama) – Guadafui – Laut Merah – India (Alfanso d’Albuquerque) – Malaka dan Maluku.

Bagaimana proses rute kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia?

Jawaban pendek: Rute perjalanan bangsa Belanda ke Indonesia melalui jalur pelayaran/laut awalnya mengikuti rute pelayaran bangsa Portugis yaitu menyusuri pesisir timur Afrika dari Tanjung Harapan menuju Selat Malaka dan dari Madagaskar ke Selat Sunda.

Kedatangan bangsa Spanyol di Indonesia tahun berapa?

Tahun kedatangan: Bangsa Spanyol datang ke Indonesia pada tahun 1521. Tempat/Daerah: Bangsa Spanyol pertama mendarat di Indonesia di wilayah Tidore, Maluku. Tujuan: Bangsa Spanyol ingin memperoleh keuntungan dan kekayaan dari perdagangan rempah-rempah dari Indonesia.

Jelaskan rute pelayaran bangsa Spanyol ke Maluku dan siapa pemimpinnya?

Setelah Magellan terbunuh dalam usahanya mengatasi perang antar suku disana, ekspedisi dipimpin oleh Sebastian Del Cano. Dibawah pimpinannya lah Spanyol mencapai Indonesia setelah berlayar ke selatan melewati kepulauan Mindanao dan Cagayan menuju kepulauan Maluku (Tidore, Bacan dan Jailolo) di tahun 1521.

Mengapa Rute Belanda berbeda dengan rute yang diambil oleh Portugis dan Inggris?

Perbedaan rute perjalanan antara Belanda, Portugis, dan Inggris disebabkan adanya persaingan penjelajahan samudra di antara bangsa-bangsa di Eropa. Persaingan penjelajahan samudra dimulai karena sulitnya bangsa Eropa untuk mendapatkan rempah-rempah setelah jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani pada 1453.

Bagaimana rute pelayaran Belanda dan Inggris hingga sampai ke Nusantara?

Jawaban. Pada tahun 1595, Belanda dalam rutenya hingga ke Nusantara yaitu Indonesia adalah Barat Afrika –Tanjung, Harapan–Samudra Hindia–Selat Sunda–Banten yang membawa 4 kapal yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman.

Bagaimana rute dari perjalanan bangsa inggris ke Indonesia?

Kedatangan Inggris di Indonesia pertama kali pada tahun 1579 oleh Francis Drake dan Thomas Cavendish dengan rute pelayaran Magelhaen-Samudera Pasifik sampai ke Filipina dan akhirnya menuju ke Ternate, dan mereka membawa rempah-rempah dari Ternate dan kembali ke Inggris, sehingga Ratu Elizabeth 1 menginginkan untuk …

Mengapa Spanyol tidak berhasil menjajah Indonesia?

Jawaban: Karena terjadi pertempuran antara Spanyol dan Portugis yang berakhir setelah diadakan perjanjian Saragosa pada 22 April 1529. berakhir setelah diadakan perjanjian Saragosa pada 22 April 1529.

Apa tujuan kedatangan bangsa Spanyol di Indonesia?

Tujuan utama bangsa Spanyol datang ke Indonesia adalah untuk mencari sumber rempah-rempah, yang saat itu sangat berharga dan hanya ditemukan di kepulauan Maluku. Pembahasan: Sebagaimana negara Eropa lain, Spanyol tertarik mencari berlayar ke Kepulauan Maluku, untuk mencari rempah-rempah.

Siapa yang memimpin bangsa Spanyol datang ke Indonesia?

Kedatangan bangsa Portugis ke Maluku segera diikuti bangsa Spanyol pada 1521. Kedatangan bangsa Spanyol di di bawah pimpinan Sebastian del Cano diterima baik oleh Sultan Tidore yang bermusuhan dengan Portugis.

Siapakah tokoh penjelajah samudra dari bangsa Spanyol?

Tokoh-tokoh penjelajahan samudra dari Spanyol di antaranya Cristopher Columbus, Amerigo Vespucci, dan Ferdinand Magellan.

Mengapa Belanda melalui rute pelayaran mengikuti rute Portugis?

Karena keyakinannya bahwa bumi bulat maka sekalipun penjelajahan dari utara atau penjelajahan barat akan sampai pula di samudra timur.

Bagaimana ekspedisi bangsa inggris ke Indonesia?

Ekspedisi pertama Inggris dilakukan pada 1579 dengan mengikuti jalur Ferdinand Magellan. Ekspedisi berhasil mencapai Ternate, lantas digunakan oleh ekspedisi kedua, dipimpin Thomas Cavendish pada 1586.

Mengapa Inggris dan Belanda memiliki rute yang berbeda dalam penjelajahan samudera?

Apa dampak kedatangan bangsa Inggris ke Indonesia?

1.rakyat menjadi sengsara karena fisik sa oleh bangsa Inggris. 2.sawah dan ladang menjadi terlantar. 3.beban rakyat semakin berat. 4.menimbulkan tekanan fisik dan mental yang berkepanjangan.

Siapa pemimpin pelayaran bangsa Inggris ke Indonesia?

Ekspedisi penjelajahan samudra yang pertama pun diberangkatkan pada 1577 M, yang dipimpin oleh Francis Drake dan Thomas Cavendish.

Apakah Spanyol pernah dijajah?

Dimulai dengan pelayaran Christopher Columbus ke Amerika tahun 1492, sejak saat itu hingga awal abad ke-19, Spanyol melakukan koloni di Eropa, Amerika, Asia, dan Afrika.

Apa tujuan kedatangan bangsa Portugis dan Spanyol di Indonesia?

tujuan datangnya Portugis dan Spanyol ke Indonesia adalah untuk memperoleh kekayaan, kejayaan, dan menyebarkan agama Kristen Katolik.

Mengapa bangsa Spanyol melakukan penjelajahan samudera di Indonesia?

Masuknya Bangsa Spanyol ke Indonesia. Bangsa Spanyol merupakan salah satu bangsa yang melakukan penjelajahan samudera. Bersama sama dengan Portugis, Spanyol menjadi salah satu pelopor penjelajahan samudera. Berbagai penjelajah samudera [1] dari Spanyol melakukan petualangan di lautan luas. Untuk menghindari konflik yang mungkin timbul, kemudian

Bagaimana sejarah kedatangan bangsa Spanyol dan Portugis ke Indonesia?

Sejarah kedatangan bangsa Spanyol dan Portugis ke Indonesia terjadi pada sekitar abad ke-16 Masehi. tirto.id – Sejarah kedatangan bangsa Spanyol dan Portugis ke Indonesia terjadi pada sekitar abad ke-16 Masehi. Maksud awal dua bangsa Eropa itu ke Nusantara adalah mencari dunia baru penghasil rempah-rempah.

Apa tujuan kedatangan bangsa Spanyol ke Indonesia?

Kedatangan bangsa Spanyol ke Indonesia juga memiliki tujuan yang sama dengan bangsa Portugis diantaranya, mencari daerah baru untuk dikuasai, menyebarkan agama, serta mencari daerah perdagangan rempah – rempah. Berikut ini merupakan pelayaran – pelayaran yang dilakukan bangsa Spanyol untuk mencapai Nusantara. 1. Pelayaran Cristhoper Columbus 2.

Apakah bangsa Spanyol pernah menjajah Indonesia?

Bangsa Spanyol merupakan satu dari beberapa bangsa Barat yang pernah datang di Indonesia. Motif kedatangannya hampir sama dengan bangsa Barat lainnya, yaitu perdagangan rempah-rempah. Bahkan, lebih dari itu bangsa Spanyol juga tercatat sebagai negara yang pernah menjajah Indonesia.